Jumat, 04 Maret 2011

Kandungan Dalam Makanan

Makanan merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi setiap hari . Oleh karena itu, kita memerlukan makanan yang dapat memenuhi semua kebutuhan. Makanan sangat berperan penting untuk tubuh karena makanan sebagai sumber tenaga dan energi. Makanan yang mengandung semua zat yang dibutuhkan tubuh disebut makanan bergizi.
Kandungan gizi pada makanan diantaranya :
1.     Karbohidrat
Fungsi utama dalam kabohidrat adalah menghasilakan energi. Karbohidrat diperlukan untuk menjaga kehangatan badan, menghasilkan energi, dan memberi rasa kenyang. Tiga kumpulan karbohidrat ialah minosakarida, disakarida,dan polisakarida.
Bahan makanan yang mengandung korbohidrat antara lain beras, jagung, gandum, umbi-umbian, kentang, dan lainnya. Energi yang di hasilkan karbohidrat di perlukan untuk aktivitas di luar maupun di dalam tubuh. Seperti, berlari, bekerja, (aktivitas di luar tubuh) mencerna makanan, bernapas, dll (aktivitas di dalam tubuh.

2.     Protein
Protein di bagi menjadi dua, protein nabati dan protein hewani. Protein nabati terdapat pada tumbuhan seperti, sayuran, kacang-kacangan, dan buah-buahan. Protein hewani contohnya susu, keju, telur, ikan, udang, dagibg, dan lainnya.
Protein sering disebut “zat putih telur.” Makanan yang mengandung protein biasanya cepat busuk. Oleh karenanya harus di makan dalam ke adaan segar.

3.     Lemak
Lemak didalam tubuh kita, berfungsi sebagai energi, melarutkan vitamin A, D, E, dan K, pelumas persandian tubuh, menghaluskan kulit, dan cadanga makanan.
Adadua jenis lemak, yaitu lemak nabati dan lemak hewani. Lemak nabati merupakan lemak yang berasal dari tumbuhan, misalnya kacang-kacangan, kedelai, kacang tanah, kelapa, dan minyak kelapa. Ada pun lemak hewani merupan lemak yang berasal dari hewan, misalnya susu, dagaing, telur. Lmek sering disebut dengan “hewan gemuk.” Jika banyak menkonsumsi lemak secara berlebihan, maka badan kita akan menjadi gemuk.

4.     Air
Air didalam tubuh kita sangat berguna untuk melarutkan zat-zat makanan, melancarkan pencernaan makanan, dan menstabilkan suhu tubh. Jika tubuh kita kekurangatn air, tubuh kita akan lemas, tidak bertenaga, dan terasa kekeringan air. Setiap hari tubuh kita memperlukan air. Air kelur dari tubuh kita melalui air seni, keringat, feses, dan uap air sisa pernafasan. Oleh karenanya kita harus mengantinya dengan meminum air sebanyak 2,5 liter dalam kondisi normal.
Kita juga bias memperoleh air dari buah-buahan serta sayur-sayuran. Beberapa buah dan sayur yang mrngandunga air didalamnya adalah papaya, semangka, jeruk, dan sawi.

5.     Mineral
Mineral diperluka oleh tubuh dalam jumlah sedikit. Walaupun demikain, mineral harus selalu ada dalam makanan kita makan. Di dalam tubuh, mineral berfungsi sebagai zat pembentuk (pembangun) dan penatur. Jika kekurangan mineral, kesehatan dalam tubuh akan terganggu. Beberapa mineral yang dibutuhkan oleh tubuh kita, antara lain:
Zat besi berguna untuk sel-sel darah merah.
~ Zat kapur digunakan untuk membentuk tulang, gigi, juga membantuproses pembekuan darah pada saat terluka.
Zat fosfor digunakan untuk pembentukan tulang dan sel-sel tubuh.
Zat yodium berguna untuk mencegah penyakit gondok.
~ Zat fluor berguna untuk menjaga kesehatan gigi. Kekurangan mengakibatkan gigi berwarna coklat dan rapuh.

6.  Vitamin
Vitamin merupakan sekumpulan zat yang berasal dari luar tubuh yang diperlukan tubuh kita agar tetap sehat. Vitamin bukan merupakan sumber tenaga, tetapi mengatur proses di dalam tubuh. Kekurangan vitamin biasanya mengakibatkan seseorang mudah terserang penyakit. Penyakit kekurangan vitamin disebut Avitaminosis. Kelebihan vitamin disebut Hipervitaminosis.
 ~   Vitamin A, berguna untuk menjaga kesehatan mata, kuliat dan mempertinggi daya tahan tubuh terhadap infeksi. Vit A banyak terdapat pada wortel, pepaya, tomat, susu, ikan dan hati.
 ~  Vitamin B memiliki beberapa jenis : Vitamin B1, membantu metabolisme karbohidrat dan mengatur keseimbangan air dalam tubuh. Kekurangan vit B1 mengakibatkan penyakit beri-beri. Vit B1 terdapat pada kulit ari beras, kacang hijau, sayuran, otak, dan susu.
       ~ Vitamin B2, banyak terdapt pada ragi, telur, susu, dan hati. Kekurangan vit B mengakibatkan penyakit Katarak, Dermatitis, dan lainya.
        ~   Vitamin B6, Vitamin B6 berfungsi untuk memnbantu tubuh dalam metabolisme pritein. Kekurangan vit B6 mengakibatkan Pelagran. Vit B6 terdapat pada telur, daging, susu, kentang, kubis.
 ~  Vitamin C berfungsi untuk pembentukan dan pemeliharaan zat perakat tubuh (serat kolagen). Kekurangan vit C menyebabkan penyakit Skorbut. Vit C terdapat pada jeruk, nanas, pepaya, dll.
 ~  Vitamin D, terdapat di sinar matahari, minyak ikan, mentega, susu, kuningan telur, berfungsi mengatur kadar zat kapur, dan fosfor dalam darah.
  Vitamin E berperan dalam system reproduksi, yaitu mencegah kemandulan, pendarahan pada wanita hamil. Vitamin E terdapat pada kecambah, telur, susu, mentega, biji-bijian, dan sayuran hujau.
~  Vitamin K berperan dalam pembentukan protrobin didalam hati. Vitamin K terdapat pada hati, biji-bijian, dan sayuran hijau .Kekurangan vitamin K menyebabkan peredaran dan darah sukar membeku.

5 komentar:

  1. Makan adalah sebuah kebutuhan manusia yang harus dipenuhi setiap hari, terutama makanan bergizi.

    BalasHapus
  2. Vitamin adalah sekumpulan zat yang diperlukan tubuh untuk tetap sehat wal afiat.

    BalasHapus
  3. Air adalah salah satu zat yang mampu melarutkan zat dan bisa menjaga kesetabilan tubuh kita.

    BalasHapus
  4. Karbohidrat adalah zat yang mampu untuk menghasilkan energi yang dibutuhkan tubuh kita.

    BalasHapus
  5. Protein ada dua macam, protein nabati dan protein hewani yang sangat diperlukan oleh tubuh kita.

    BalasHapus

Tinggal jejakmu di bawah jejak kecilku. Silakan menggunakan Name/URL atau Anonymous :)